Jumat, 25 Agustus 2017

Hindari Langsung Duduk Setelah Berolahraga

Batas waktu, kelelahan, bisa jadi alasan banyak orang melewati sesi pendinginan setelah olahraga. Seperti halnya lomba lari, misalnya, duduk setelah berlari tidak cukup sebagai sesi pendinginan. Sebagai gantinya, duduk segera setelah berolahraga bisa memicu cedera otot di masa depan.

Tidak memberi tubuh kesempatan untuk bersantai setelah olahraga berat dapat memiliki beberapa konsekuensi yang tidak menguntungkan. Meski Anda menganggapnya sepele (paling hanya rasa sakit), justru bisa "menyakiti" tubuh dalam jangka panjang. Meski otot diyakini cukup kuat (tidak masalah, biarpun Anda lupa pendinginan), namun ketahanannya bisa berkurang jika perawatan yang tepat sering hilang.

Liz Letchford, MS, ATC, spesialis pencegahan cedera mengatakan, duduk santai setelah olahraga bisa merusak otot Anda. Hal ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan otot, kejang, bahkan kejang.

Apapun olahraga yang Anda lakukan, hindari duduk tegak (tanpa peregangan). Meski Anda tidak merasakan efeknya sekarang, otot Anda tidak akan membaik, mereka tidak akan tumbuh dengan baik.

Itulah sebabnya banyak dari Anda mengalami nyeri otot setelah latihan rutin selama 1-2 tahun, yang pada akhirnya membuat Anda harus berhenti melakukan olahraga karena cedera otot dan sendi.

Lauren Clare, pelatih pribadi dan pelatih kesehatan sehat itu aku holistik bersertifikat, menegaskan kebenaran ini. "Jika Anda tidak benar-benar mendingin setelah berolahraga secara intens, tubuh Anda mungkin akan mengencang, menyebabkan proses pemulihan pasca latihan mereda, dan pembentukan asam laktat di otot bisa membuat Anda merasa sakit dan lelah selama beberapa hari berikutnya. "

Sesi pendinginan memberi tubuh Anda kesempatan untuk "menggunakan" atau "air" sisa laktat. Kita semua perlu didinginkan selama 5 sampai 10 menit setelah berolahraga untuk membantu meningkatkan fleksibilitas otot dan rentang gerak untuk mengurangi risiko kekakuan parah akibat cedera.

Sebagai langkah awal, peregangan kaki, bahu, punggung dan lengan dalam posisi berdiri selama 5-7 menit. Ini juga akan membantu tubuh menurunkan suhu secara bertahap. Lalu, lakukan peregangan sambil duduk, lalu berakhir dengan istirahat santai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar